VIDEO TERLARIS BULAN INI

Cara Mendidik Anak Supaya Tidak Manja dan Mandiri

Saat menjalani kehidupan berkeluarga, masing-masing orangtua tentunya berharap anak-anaknya bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yg baik, dapat menjadi kebanggaan serta memliki karakter atau sifat yang positif dan baik dalam segala macam hal. 



Mayoritas orangtua akan melakukan apapun untuk membahagiakan anaknya dengan memberikan semua yang mereka mau, akan tetapi ternyata cara ini tak selalu baik untuk proses mendidik anak-anak. Cukup banyak anak-anak yg dibiasakan hidup penuh dengan kenyamanan serta tidak pernah merasakan kesulitan dalam hidupnya maka akan lebih cenderung menjadikan mereka anak yang manja serta tidak bisa mandiri.

Sebagai orangtua, kita juga perlu hati-hati saat mengasuh anak dalam masa perkembangannya dikarenakan setiap didikan yang kita berikan bisa berpengaruh besar untuk kehidupan si anak dimasa mendatang. Dibawah ini adalah beberapa tips bagaimana cara mengajar anak dengan baik agar tidak manja dan bisa mandiri.

1. Janganlah turuti seluruh kemauan anak

Meskipun Anda sangat-sangat menyayangi anak Anda, menuruti seluruh kemauannya bukan cara mendidik anak yang baik. Tindakan ini malah akan menjadikan anak Anda terlampau manja serta selalu mengandalkan orang lain. Apabila sejak kecil anak-anak selalu dimanjakan dengan menuruti semua kemauannya, maka dampak kedepannya anak tersebut akan menjadi anak yg tidak dapat mandiri juga malas dikarenakan selalu berfikir ada orangtua yg akan selalu memberikan seluruh keinginannya. Biasakan anak Anda agar berusaha untuk mengerjakan tugas-tugas mereka sendiri supaya mereka bisa belajar bertanggung-jawab untuk diri mereka sendiri.

2. Janganlah terlalu sering melarang

Rasa ingin tahu anak pada dunianya acap kali membuat mereka mau mencoba untuk melakukan secara leluasa. Ketakutan orangtua ialah apabila hal buruk terjadi pada anaknya. Oleh karena hal itulah kebanyakan dari para orang tua memberikan larangan atau batasan-batasan pada suatu hal yang dapat membahayakan si anak. Melarang hanya akan menumbuhkan rasa penasaran untuk anak melakukannya dan bisa menjadikan anak suka berbohong. Berkomunikasi dua arah ialah solusi tepat untuk mengingatkan anak daripada melarang anak-anak untuk melakukan hal yang mau mereka lakukan. Beritahukan mereka tentang risiko yg mungkin dapat terjadi serta minta anak Anda untuk selalu hati-hati.

3. Ajarkan anak agar tidak bohong

Janganlah sesekali memberikan contoh kepada anak Anda untuk berbohong. Ajarkan mereka untuk dapat selalu terbuka mengenai keadaannya dalam semua hal, baik itu menyangkut perasaan, atau kendala yg dihadapinya. Janganlah membiasakan anak Anda untuk menutupi perasaan mereka kepada Anda. Maka dengan cara inilah, Anda telah mendidik anak Anda untuk berprilaku jujur dalam hidupnya.


4. Janganlah menghukum anak pakai kekerasan fisik

Acap kali kita sebagai orangtua merasa marah ataupun kesal terhadap kelakuan atau ulah anak-anak Anda yg buruk dan salah satu cara yang ampuh untuk membuat anak anda kapok ialah dengan hukuman fisik. Salahsatu contoh hukuman fisik yg paling sering dilakukan mayoritas orangtua adalah dengan memukul. Baik itu memakai tangan, kaki ataupun benda lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memukul. Hal itu sama-sekali tak dibenarkan.

Apabila Anda mempunyai anak kecil dan saat mereka membuat suatu kesalahan, maka Anda bisa memberitahukan dengan cara yang baik dan dengan bahasa yg dapat dimengerti oleh mereka tanpa harus memberikan hukuman fisik dan bila Anda mempunyai anak yg umurnya mungkin sudah beranjak remaja ataupun sudah bisa mengerti keadaan, maka Anda dapat menerapkan sistem disiplin kepada mereka. Tindakan kekerasan fisik itu hanya akan membuat jiwa anak-anak Anda menjadi terluka, bukannya hanya fisik ataupun tubuh mereka saja yang terluka. Hal itu akan memiliki dampak yang negatif pada perkembangan jasmani serta emosi mereka. Apapun bentuk hukuman fisiknya hanya akan menakuti mereka dan akan mejadikan anak semakin tak lagi menghormati Anda, menjadikannya keras kepala serta memberontak kepada Anda.

5. Kasih sayang juga perhatian

Anak-anak akan merasa sangat nyaman serta bahagia jika orangtua mereka dapat menunjukkan kasih sayang dan juga perhatian ketika anak memang sedang membutuhkan hal tersebut. Bentuk kepedulian orangtua dalam hal yang kecilpun dapat membantu orangtua dalam memberikan pendidikan pada anak. Bentuk perhatian bukanlah berarti berbicara tentang bagaimana Anda sebagai orangtua dapat memberikan materi atau barang kesukaan si anak, namun juga dalam sebuah tindakan, seperti yang dapat dilakukan adalah saat anak Anda sedang belajar, pada saat itulah kita dapat menunjukkan perhatian dserta kasih saying dengan cara menemani mereka belajar, meskipun cuma sekadar duduk di samping mereka. Maka anak Anda tentu akan lebih bersemangat lagi dalam belajar dan jika ada kesulitan, tentunya Anda dapat membantu mereka untuk memecahkannya.

Menjadi orangtua merupakan tugas dan tanggun-jawab yang sangat mulia. Oleh karena itu jadilah orangtua yang bisa dibanggakan oleh anak-anak Anda. Berikan pendidikan pada anak Anda dengan baik, maka anak-anak Anda akan memberikan suka-cita untuk Anda dan juga keluarga.




Tags Pencarian :
- cara mendidik anak laki laki
- cara mengasuh anak usia 2 tahun
- cara mendidik anak usia 3 tahun
- cara mendidik anak yang baik dalam keluarga
- cara mendidik anak agar mandiri
- cara mendidik anak secara islami
- cara mendidik anak balita
- mendidik anak yang keras kepala
Share on Google Plus

About Childcare Jakarta

Kumpulan Daftar Alamat dan No Telp Childcare Di Jakarta Serta Beragam informasi menarik lainnya seputar dunia anak dan keluarga.

0 coment�rios:

Posting Komentar